Download Soal Antroplogi dan Kunci Jawabannya Pada Materi Bab I Perubahan sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi
1. Tradisi wudhu atau membersihkan hadast kecil dengan media air sangat berperan penting dalam mensukseskan program pemerintah ketika dunia dan Indonesia dilanda pandemic covid19. Dengan tradisi wudhu yang secara sistematis akan syarat dan rukunnya, masyarakat muslim Indonesia tidak gagap dalam melaksanakan protocol covid19. Perubahan sosial terhadap gaya hidup sehat langsung adaptif dan akomodatif tanpa ada masalah, tanpa ada halangan, dan tanpa ada penolakan.
Berdasarkan deskripsi di atas, tampak terdapat hubungan yang relevan antara ….
a. Agama dan ekonomi
b. Agama dan kematina
c. Kesehatan dan ekonomi
d. Agama dan kesehatan
e. Kesehatan dan kedokteran
Jawaban: B (wudhu adalah bagian dari tuntunan praktik agama (dalam hal ini Islam), dan mencuci tangan adalah praktik protocol kesehatan, jadi terdapat hubungan antara agama dan kesehatan)
2. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang mampu mengantar dirinya untuk meraih perubahan kea arah yang baik. Program perubahan yang paling sulit untuk dicapai adalah perubahan bangsa berahlak buruk menjadi bangsa yang memiliki aklaq mulia. Berbeda dengan perubahan teknologi, aspek perubahan ini dapat dicapai dengan cepat dengan cara menguasai ilmu teknik hingga membeli produk teknologi.
Berdasarkan pandangan tersebut, berikut ini yang termasuk upaya menuju perubahan alhlak yang baik dengan media teknologi adalah ….
a. Madrasah Aliyah merupakan lembaga pendidikan yang selalu terdepan dalam mengembangkan ahlak peserta didik
b. Madrasah Aliyah menggunakan media sosial dalam mempromosikan pendidikan yang terdepan dalam pengembangkan tekonologi yang perlu dikuasai peserta didik
c. Pemerintah bekerjasama dengan pondok pesantren dalam melaksanakan program membangun ahlak baik bangsa melalui program lomba konten terpuji di Instagram
d. Pemerintah meluncurkan lomba ahlak terpuji dalam bentuk video dokumenter berdurasi 5 menit
e. Semua produk elektronik wajib berlabel Halal
Jawaban: C (cukup jelas)
3. Ritual seni hiburan merupakan aspek yang paling terdampak dan terpukul ketika diberlakukannya protokol kesehatan. Mengapa demikian? Ya, karena dalam melaksanakan ritual seni seperti pentas dangdut, cukup rentan dalam mengumpulkan massa. Akibat dari itu semua adalah para pelaku seni tidak mendapatkan pemasukan/ pendapatan. Kasihan mereka.
Berdasarkan ulasan tersebut, berikut ini yang termasuk terobosan dalam mengatasi mandeknya profesi seni dengan pendekatan budaya adalah ….
a. Pemerintah meluncurkan program Bantuan Langsung Tunai
b. Kementerian Sosial bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja meluncurkan program Kartu Pra Kerja
c. Dinas Pariwisata meluncurkan program pentas seni virtual live medsos, dimana kelompok seni dijadwal sedemikian rupa untuk pentas di sanggar seni dimana setiap kelompok yang tampil mendapatkan dana yang cukup seperti pentas klasikal
d. Pekerja seni melakukan protes kepada Pemerintah agar dapat diberikan ijin pentas
e. Semua kegiatan seni dibebaskan, yang terpenting semua orang terhibur
Jawaban: C (cukup jelas)
4. Ketika diberlakukannya pembatasan saat terjadi pandemic covid19 dalam melaksanakan ritual keagamaan (misal sholat berjamaan di masjid), masyarakat cenderung siap melaksanakan aturan tersebut. Mengapa demikian? Ya karena sholat berjamaan dapat dilaksanakan dirumah bersama keluarga tercinta.
Berdasarkan deskripsi realitas sosial tersebut, hubungan antara ritual keagamaan dengan protocol kesehatan adalah ….
a. ritual keagamaan cenderung adaptif dengan aspek perubahan protokol kesehatan
b. ritual keagamaan cenderung melawan terhadap siapa saja dan apa saja yang mengganggu ritual tersebut
c. protocol kesehatan cukup kesulitan dalam mengatur ritual keagaamaan karena ritual tersebut bersifat privat
d. protocol kesehatan cukup kesulitan dalam mengatur ritual keagaamaan karena ritual tersebut bersifat publik
e. perubahan sosial cenderung selaras dan seimbang dengan ritual keagamaan karena agama adalah segala-galanya
Jawaban: A (cukup jelas)
5. Pada saat memasuki bulan maulid, tradisi yang kerap digelar masyarakat Islam Jawa adalah tradisi sholawatan. Pada saat diperlakukannya pandemic covid19 ini, tradisi membaca sejarah perjuangan dan lantuman sholawat untuk nabi Muhammad SAW, cukup Pagelaran pengajian besar maulid nabi pun tidak dapat dilaksanakan seperti tahun-tahun kemarin. Karena atas pertimbangan kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan menjaga kesehatan sosial.
Berdasarkan deskripsi di atas, strategi kebudayan yang telah dilakukan masyarakat Islam Jawa dalam mengatasi hal tersebut adalah ….
a. Melarang semua kegiatan maulid nabi dalam skala besar
b. Memperbolehkan semua kegiatan maulid nabi dalam skala besar
c. Melaksanakan kegiatan maulid nabi melalui kelompok sosial tahlilan RT dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan
d. Melaksanakan kegiatan maulid nabi melalui kelompok sosial tahlilan RT dengan bebas tanpa ada pendekatan protokol kesehatan karena hanya lokalitas kecil
e. Semua kegiatan maulid dalam skala kecil dan besar tetap dilaksanakan karena ummat islam adalah kelompok mayoritas
jawaban: C (cukup jelas)
6. Pada awal mula diperlakukan masa pandemi covid 19, pemerintah cenderung menggunakan instrumen pengetahuan yang sulit dipahami masyarakat. Mulai istilah yang digunakan, orang-orang yang terlibat, hingga tindakan yang dilakukan, cenderung tidak menggunakan sentuhan budaya. Terbukti, tujuan agar masyarakat taat terhadap protokol kesehatan yang diinginkan pemerintah, jauh api dari panggang. Belajar dari hal itu semuanya, pemerintahkan kemudian menggandeng tokoh-tokoh masyarakat, para ulama dan kyai, hingga meluncurkan program berbasis lokalitas misalnya jogo pondok, jogo tonggo, agar masyarakat taat dengan protokol kesehatan. Bercermin dari kasus di atas, hubungan antropologi dengan perubahan sosial adalah ….
a. Pendekatan antropologi kebudayaan sangat penting dalam melaksanakan program nasional, terlebih program perubahan sosial agar bangsa Indonesia bebas dari bencana pandemi covid19 ini
b. Pendekatan antropologi kebudayan tidak penting karena cenderung membuang waktu
c. Pemerintah memiliki peran penting dalam mengatasi masalah besar, adapapun masyarakat hanya sebagai objek saja
d. Perhatian tentang ketercukupan ekonomi adalah hal yang paling pokok saat terjadi pandemic covid19
e. Semua ilmu yang ada di muka bumi tidak dapat mengalahkan dengan Al Quran dan Hadist, jadi ketika ada masalah di muka bumi ini, yang pantas digaris depan adalah Ulama dan Kyai.
Jawaban : A ( cukup jelas)
7. Literasi digital merupakan kemampuan penggunaan teknologi dan disertai cara mengambil, menggunakan, dan menganalisis informasi yang disediakan oleh media digital secara bersama-sama. Literasi digital ini merupakan lanjutan perubahan dari literasi buku. Dampak dari perubahan tersebut, telah merubah cara belajar di Madrasah Aliyah. Berikut ini yang termasuk dampak perubahan positif atas penggunaan literasi digital di Madrasah Aliyah adalah ….
a. Para guru Madrasah Aliyah sedang melaksanakan pelatihan video pembelajaran
b. Para siswa Madrasah Aliyah sedang menonton youtube
c. Para siswa dan guru Madrasah Aliyah sedang memperingati Hari Santri
d. Para siswa kelas X sedang membuat produk pembelajaran dalam bentuk video dokumenter sejarah NU di tempat tinggal masing-masing
e. Pada saat memasuki hari raya Idul Fitri, Kementerian Agama melakukan pengamatan penampakan bulan dengan alat-alat digital yang canggih
Jawaban: D (produksi video dokumenter merupakan contoh nyata dalam literasi gitital)
8. Bencana merupakan salah satu sebab perubahan sosial. Kesiap-siagaan masyarakat terhadap bencana akan menentukan dampak dari perubahan sosial. Berikut ini yang termasuk contoh perencanaan dan kesiapsiagaan dengan pendekatan budaya adalah ….
a. Bencana akan berdampak negative ketika budaya masyarakat tidak siap
b. Kegiatan perencanaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana merupakan proses belajar yang berkelanjutan menghadapi suatu ancaman
c. Membangun pola pengetahuan individu atau masyarakat terhadap suatu ancaman bencana
d. Mengikuti pelatihan kegiatan dalam menghadapi ancaman bencana
e. Perangkat desa sedang membuat kegiatan pemberdayaan masyarakat sadar bencana dengan cara menghidupkan kembali nyanyian tanda bencana/ kentongan
Jawaban E (cukup jelas)
9. Modernisasi merupakan suatu proses transformasi dari suatu arahperubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Berikut ini yang termasuk modernisasi pada pondok pesantren adalah ….
a. Para santri sedang mengaji kitab kuning
b. Semua kitab kuning didigitalisasi untuk dimuseumkan
c. Pondok pesantren melarang penggunaan internet agar santrinya tidak terdampak hoax
d. Para santri sedang mengaji tafsir al quran dalam memahami cara kerja alam semesta
e. Pondok pesantren di Pati Jawa Tengah sedang meluncurkan program aplikasi zakat jual beli online dengan berlandaskan Quran dan Hadist
Jawaban E (terdapat transformasi nilai yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan ummat)
10. Salah satu siswa Madrasah Aliyah di Pati Jawa Tegah berhasil membuat aplikasi tafsir alquran yang mudah dibaca dan difahami oleh kelompok milineal. Dengan prestasi tersebut, siswa yang bersangkutan mendapatkan apresiasi dari Menteri Agama dalam bentuk beasiswa kuliah jurusan Tafsir dan Teknologi di Luar Negeri. Dampak perubahan ditemukan aplikasi tafsir Al Quran untuk kaum milenial adalah ….
a. Terjadi penolakan golongan tua karena akan mengancam kajian tafsir klasik
b. Tafsir al quran akan mudah diakses melalui smartphone dan akan membantu meningkat semangar literasi al quran
c. Tingkat literasi kaum milenial terhadap tafsir al quran akan meningkat
d. Keaslian tafsir al quran akan terancam
e. Kaum milenial menolak aplikasi tafsir al quran karena takut terjadi pemutarbalikan isi al quran
Jawaban: B (cukup logis)
11. Nahdlatul Ulama merupakan organisasi islam terbesar didunia yang ebih mudah menyesuaikan diri (akomodatif) dengan berbagai perubahan. Pembaharuan yang paling modern yang dilakukan NU adalah menerima Pancasila sebagai Ideologi negara yang signifikan bagi kehidupan negara. Deskripsi di atas merupakan aspek modernisasi dibidang …
a. Pemikiran
b. Produk
c. Tindakan
d. Masa depan
e. Kemajuan
Jawaban : A (ideologi merupakan bagian dari aspek gagasan/ pemikiran dalam hal modernisasi)
12. Pesantren merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan pendidikan nasional. Kehadirannya diharapkan terus menjadi cahaya pencerah, membawa perubahan, sekaligus memberi kontribusi berarti bagi perbaikan kehidupan seluruh umat manusia. Untuk itu para santri di pondok pesantren diharapkan memiliki tingkat keilmuan yang mumpuni, menguasai teknologi, berketerampilan tinggi, dan sekaligus beriman dan beramal saleh. Konsep tersebut merupakan bagian dari ….
a. Kerangka tradisionalitas
b. Koreksi modernitas
c. Kerangka modernitas
d. Tantangan modernitas
e. Perubahan sosial pondok pesantren
Jawaban:C (cukup jelas)
13. Kemajuan teknologi dan informasi saat ini telah mendorong Pesantren tidak kehilangan kemampuan memosisikan dirinya di tengah realitas sosial yang sekarang ini sedang mengalami perubahan yang demikian cepat. Berbagai pelajaran tambahan telah dimasukkan dalam kurikulum pesantren diantaranya tentang karya tulis ilmiah, kewirausahaan, hingga teknologi tepat guna yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Dengan demikian lulusan pesantren akan sesuai dengan konteks zaman yang mencerahkan untuk meraih peradaban. Berdasarkan deskripsi di atas, upaya yang dilakukan pesantren adalah bagian dari ….
a. Perubahan sosial
b. Pembangunan nasional
c. Globalisasi
d. Modernisasi
e. Diskriminasi
Jawaban : D (ada aspek baru yang dimunculkan di pesantren)
14. Ancaman terhadap perubahan sosial yang didorong oleh globalisasi dan modernisasi adalah munculnya disintegrasi sosial. Untuk itu yang perlu disiapkan agar tidak terjadi hal demikian adalah sedini mungkin dimunculkan faktor integrasi yang mampu merajut perubahan masa depan. Berikut ini yang termasuk factor integrasi dari dampak globalisasi dan modernisasi yang merusak masa depan adalah …..
a. Pemimpin
b. Kekayaan
c. Keluarga
d. Agama
e. Pemerintah
Jawaban: D (karena didalam agama terdapat nilai-nilai dasar kehidupan yang beradab)
15. Sepulang dari Timur Tengah program beasiswa unggulan, si Fulan selalu mengagung-agungkan gagasan yang didapat dari sana. Bahkan ia tidak lagi hormat dengan guru dan orang-orang yang lebih tua di lingkungan asalnya. Ia bahkan terang-terangan akan menggunakan tatacara dari sana untuk merubahan dan mengganti adat dan kebiasaan masyarakat. Berdasarkan ilustrasi kasus di atas, sikap yang paling tepat untuk merespon si Fulan adalah ….
a. Setuju karena ia lulusan Timur Tengah
b. Tidak setuju, karena alasan tersaingi
c. Membiarkan begitu saja karena si Fulan akan hilang ditelan waktu
d. Menolak si Fulan dengan cara mengembalikannya ke Timur Tengah
e. Mengajak si Fulan untuk diskusi, dan mendorong untuk mentransformasikan gagasannya untuk akomodatif dan membangun Indonesia
Jawaban: E (transformasi nilai-nilai untuk membela kelompok sendiri adalah perwujudan tertinggi dari gerakan modernitas)
16. Kelompok Siswa Madrasah Aliyah Pati Jawa Tengah melakukan penelitian tentang fungsi tradisi silaturohmi dan tahlil terhadap tranmisi pengetahuan. Berdasarkan hasil penelitiannya, ia memaparkan bahwa tradisi silaturohmi dan tradisi tahlil dapat berfungsi sebagai media transmisi pengetahuan. Dengan berlangsungnya transmisi pengetahuan inilah, perubahan gagasan, perubahan sikap, dan perubahan tindakan semakin nyata bagi pengikut tradisi silaturohmi dan tahlilan. Berdasarkan deskripsi di atas, peran dari tradisi silaturohmi dan tahlilan dalam perubahan sosial adalah ….
a. Agent perubahan sosial
b. Aktor perubahan sosial
c. Dampak perubahan sosial
d. Tujuan perubahan sosial
e. Media perubahan sosial
Jawaban: E (cukup jelas)
17. Berikut ini adalah laporan Kekerasan dengan Pendekatan Antropologi Forensik: Telah ditemukan sebuah koper yang berisi rangka. Analisis antropologi mendapatkan bahwa rangka adalah milik perempuan, ras mongoloid dan diperkirakan berumur 25 sampai 40 tahun. Perkiraan tinggi antara 131,86 cm sampai 186,3 cm. Ditemukan bekas gigi ompong pada molar 1 dan pertumbuhan gigi yang miring pada molar 3 pada rahang kiri bawah, pertumbuhan gigi yang miring dan berlubang pada gigi molar 3 rahang kanan bawah. Sebab mati orang ini tidak dapat dipastikan karena tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tulang. Adanya kekerasan pada jaringan lunak tidak dapat di singkirkan (Sumber: PDFI, 2017). Berdasarkan laporan tersebut, analisis kekerasan antropologi forensik digunakan untuk kepentingan ….
a. Ekonomi
b. Hukum
c. Keadilan
d. Kesejahteraan
e. Budaya kekerasan
Jawaban: B (kasus kekerasan hingga yang mematikan, adalah ranah hukum)
18. Damai merupakan ketiadaan kekerasan (the absence of violence)dan kehadiran keadilan sosial (the presence of social justice). Berikut ini yang merupakan contoh kekerasan yang disebabkan ketidakadilan adalah ….
a. Oknum Perangkat Desa sedang mendahulukan kerabat dekatnya untuk mendapatkan bantuan COVID19
b. Calon Lurah sedang membagikan masker dan sembako pada saat mendekati hari pencblosan PILKADES
c. Oknum Guru melakukan kekerasan kepada siswa karena guru yang bersangkutan sedang dirundunng masalah keluarga
d. Oknum Dokter melakukan mallpraktik hinnga pasien tewas
Jawaban: B (kekerasan yang disebabkan ketidakadilan yaitu bentuk-bentuk kekerasan struktural berupa tidak adanya distribusi kekayaan dan sumberdaya)
19. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Respek terhadap hidup dan hak asasi manusia
2) Penolakan terhadap semuakekerasan dalam segala bentuknya dan komitmen untuk mencegah konflik kekerasan dengan memecahkan akar penyebab melalui dialog dan negosiasi
3) Komitmen untuk berpartisipasi penuh dalamproses pemenuhan kebutuhan untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang
4) Menghargai dan mengedepankan kesetaraan hak dankesempatan bagi kaum perempuan dan laki-laki
5) Penerimaan atas hak-hak asasi setiap orang untuk kebebasan bereks-presi, opini dan informasi
6) Penghormatan terhadap prinsip-prinsip kebebasan, keadilan, demo-krasi, toleransi, solidaritas, kerjasama, pluralisme, keanekaragaman budaya, dialog dan saling pengertian antar bangsa-bangsa, antar etnik, agama, budaya, dan kelompok-kelompok lain dan sertaindividu-individu.
Yang termasuk bagian dari sikap dan tradisi budaya damai adalah ….
a. 1) dan 2)
b. 3) dan 6)
c. 5) dan 3)
d. 3) dan 4)
e. 1) dan 6)
Jawaban: E (point 1) adalah contoh sikap damai, dan 6 adalah contoh tindakan tradisi)
20. Suatu rekayasa sosial yang menekankan anak untuk hidup secara damai dengan lingkungan hidup dan sesama manusia disebut …
a. Pendidikan damai
b. Pendidikan kekerasan
c. Pendidikan kesejahteraan sosial
d. Pendidikan keadilan sosial
e. Pendidikan Pancasila
Jawaban : A (Cukup jelas)
21. Kekerasan terhadap anak sering diistilahkan dengan perlakuan salah terhadap anak atau child abuse. Semua tindakan kekerasan kepada anak-anak akan direkam dalam bawah sadar mereka dan akan dibawa sampai kepada masa dewasa dan terus sepanjang hidupnya. Jika hal ini terjadi, maka akan menjadi rantai dan budaya kekerasan. Berdasarkan pernyataan tersebut, tindakan yang paling tepat untuk memutus mata rantai budaya kekerasan adalah ….
a. Memberi contoh sikap, gagasan, dan tindakan saling mencintai dan menyayangi antar sesama
b. Guru memberi sanksi kepada siswa yang sering terlambat
c. Menyelenggarakan pelatihan kawasan desa ramah anak
d. Memberi kesempatan seorang anak untuk mencoba hal-hal yang buruk dengan pengawasan yang ketat
e. Selalu hidup daman tanpa ada pertengkaran satu sama yang lain
Jawaban: A (cukup jelas)
22. Kekerasan dapat menimpa siapa saja, baik laki-laki, perempuan, anak kecil maupun orang tua. Akan tetapi realitasnya, kekerasan lebih banyak menimpa anak-anak, terutama kaum perempuan. Oleh karena itu, kekerasan terhadap anak-anak khususnya perempuan, menjadi topik sentral untuk segera dicari solusi dan akar penyebabnya.
Sikap yang tepat untuk menanggapi pernyataan di atas adalah …
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Pura-pura tidak tahu agar kelihatan tidak membela pihak laki-laki dan pihak perempuan
d. Setuju karena perempuan perlu dilindungi
e. Sangat setuju jika perempuan dan laki-laki mendapatkan gaji yang sama
Jawaban : A (yang ditanyakan adalah sikap, ya cukup dengan sikap)
23. Perilaku rent seeking merupakan fenomena budaya korupsi baru di Indonesia sejak reformasi dan otonomi daerah diimplementasikan. Budaya korupsi ini terjadi di kalangan pejabat publik, politisi berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha maupun masyarakat yangberkepentingan dalam upaya menyiasati celah-celah kebijakan publik untuk kepentinganmelayani dan memperkaya diri sendiri.
Sikap yang tepat untuk menanggapi pernyataan di atas adalah …
a. setuju dengan rent seeking
b. tidak setuju dengan rent seeking
c. takut dengan rent seeking
d. tidak takut dengan rent seeking
e. pelaku rent seekingharus dihukum seberat-beratnya
jawaban: B (cukup jelas)
24. Masyarakat Indonesia memiliki kultur pembiaran (ommision culture) yaitu memiliki kecenderungan untuk membiarkan berbagai praktek ketidakjujuran dalam memperoleh harta benda, karena menghindari disharmonisasi sosial dan agar terlepas dari anggapan perusak tatanan. Dalam sistem kutlural yang demikian, maka keinginan seseorang membuka praktik penyimpangan perilaku ekonomi justru berakibat ‟fatal‟ bagi kehidupan sosialnya. Itulah sebabnya, mengapa para peniup peluit (whistle blower) berbagai perilaku korup justru menjadikan mereka sebagai ‟pesakitan‟ dan ‟terpidana‟. Seolah dalam struktur kebudayaan yang demikian, seorang yang seharusnya menjadi ‟pahlawan‟ pemberantasan korupsi berakhir menjadi ‟pecundang‟.
Selaku generasi muda, tindakan yang paling tepat untuk merespon budaya pembiaran tersebut adalah …
a. Mendukung budaya pembiaran berlangsung
b. Mentransformasikan budaya pembiaran untuk memperkaya diri
c. Memanfaatkan budaya pembiaran untuk kepentingan kelompok tertentu
d. Mendukung seseorang yang membuka praktik budaya pembiaran
e. Mendukung dan memanfaatkn budaya pembiaran untuk kepentingan keluarga
Jawaban: D (cukup jelas)
25. Salah satu faktor yang dapat menghambat pembangunan kebudayaan secara nasional adalah ….
a. Meningkatkan ketakwaan
b. Memperkuat integrasi nasional
c. Menjalin kerjasama antar etnis di Indonesia
d. Memajukan salah satu kebudayaan daerah
e. Menjauhkan sikap fanatisme yang berlebihan
Jawaban: D (cukup jelas)
26. Seorang Ibu mendidik anaknya supaya jadi anak yang mengerti dan menghayati adat istiadat seperti dirinya. Kasus ini merupakan contoh dari ….
a. Difusi budaya
b. Pewarisan budaya
c. Dinamika budaya
d. Integrasi budaya
e. Pemaksaan budaya
Jawaban: B (cukup jelas)
27. Aldo tiap hari hampir tidak merasakan perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya. Ia adalah anak kelima dari pasangan Rosa dan Mukidi. Dalam keseharian Aldo selelu mendengar kata-kata dan ucapakan yang cukup keras. Dalam kesehariannya juga, Ia selalu melihat pertengkaran orang tuanya. Kini Aldo telah dewasa, umurnya sudah 30 tahun dan juga telah berkeluarga. Persis apa yang terjadi saat masa kecilnya, Aldo yang telah berkeluarga juga dalam keadaan yang sama. Ia selalu bertengkar dengan istri dan anak-anaknya. Ucapan dan tindakan cenderung kasar dan keras jika dirasa.
Berdasarkan deskripsi di atas, kerasnya ucapakan tindakan Aldo disebabkan oleh ….
a. Pengaruh kekerasan dari media sosial yang selalu dilihat
b. Pengaruh kekerasan dari lingkungan yang membentuknya selama ini
c. Pengaruh kekerasan yang disosialisasikan orang tuanya
d. Aksi balas dendam saat masa kecil
e. Kekerasan yang disebabkan karena genetis/ keturunan
Jawaban: C (uraian cukup jelas)
28. Desa Mawasdiri adalah desa yang ada dipinggiran hutan Kalimantan. Di desa inilah kerap terjadi perampokan paksa. Menurut tetua desa, nama desa mawasdiri juga memiliki tarikan historis dimana kerap terjadi kejadian yang perampokan. Secara geografis desa Mawasdiri tidak memiliki potensi yang dapat dibanggakan. Tanah sekitar desa banyak yang diserobot perusahaan sawit. Sebagian besar penduduk mereka bekerja menjadi buruh lepas dengan gaji kecil. Jauhnnya dengan kota, akses untuk belanja sembako dan kebutuhan lainnya membuat mahal. Dan setiap ada program pemberdayaan ekonomi dari pemerintah, warga desa Mawasdiri selalu terlewatkan.
Berdasarkan deskripsi di atas, sebab terjadinya kemiskinan desa Mawasdiri adalah …..
a. Etos kerja warga Mawasdiri rendah
b. Tidak ada perhatian dari leluhurnya untuk masa depan anak cucu desa Mawasdiri
c. Adanya mitos bahwa sampai kapanpun desa Mawasdiri tidak akan maju
d. Terjadinya pembakaran lahan dari perusahaan sawit
e. Adanya penyerobotan tanah milik warga oleh perusahaan sehingga warga desa menjadi buruh semuanya
Jawaban : E (logika sebab akibat tidakpunya tanah)
29. Semua makanan dan minuman yang berakibat menghilangkan kesadaran, termasuk tindakan kesenangan yang lain yang melampaui batas, tidak diperbolehkan. Pelarangan tindakan tersebut dikarena ada kecenderungan seseorang akan lebih mengutamakan kepentingan dirinya, dibanding harmoni sosial. Bahkan masyarakat akan rusak secara perlahan ketika telah terjangkit penyakit tersebut. Berdasarkan deskripsi tersebut, merupakan bagian dari konsep …..
a. Konsumerisme
b. Hedonism
c. Koruptif
d. Munafik
e. Kafir
Jawaban: B (cukup jelas)
30. Hak mengekspresikan budaya dari tiap-tiap kelompok sosial adalah bagian dari hak asasi manusia. Dengan ragam dan wujud tampilannya, ekspresi budaya tersebut akan berfungsi memancarkan identitas dari tiap-tiap kelompok yang ada. Dengan fungsi identitas budaya tersebut, maka akan terwujud suatu model integrasi sosial yang dibangun dari sebuah kebudayaan yang dimilikinya.
Berikut ini yang termasuk hak asasi manusia di bidang kebudayan yang berfungsi membangun identitas dan integrasi kelompok sosial adalah ….
a. Pentas gambus yang menghipnotis para penggermarnya
b. Pentas rebana yang menggunakan panggung mewah dengan gemerlap pernak pernik lampu yang indah
c. Silaturohmi dan halal bil halal pada saat hari raya Idul Fitri
d. Lomba MTQ nasional yang diikuti para siswa Madrasah Aliyah
e. Lembaga Pendidikan Ma’arif menggelar olimpiade tafsir Hadist karangan Iman Bukhori dan Imam Muslim
Jawaban: C (cukup jelas)
31. Penyalahgunakan Narkoba untuk kepentingan kesenangan merupakan bagian dari perusak ahlak bangsa Indonesia. Mengapa demikian? Karena tindakan tersebut akan menjadi candu yang lama kelamaan akan menggerogoti tata nilai dan norma dalam keseharian. Untuk itu, bagi siapa saja yang melakukan tindakan tersebut, akan diberi sanksi berat dalam bentuk penjara dan denda.
Berdasarkan deskripsi tersebut, sehubungan dengan penyalahgunaan narkoba, tindakan yang paling tepat untuk membangun ahlak bangsa Indonesia adalah ….
a. Semua narkoba yang ada di Indonesia wajib dimusnahkan karena sumber malapetaka
b. Narkotik dan obat-obatan perlu dibebaskan saja peredarannya, karena memberi sumbangan pajak Negara
c. Narkotik dan obat-obatan terlarang harus diawasi peredaran dan penggunaannya untuk kepentingan medis
d. Pengguna narkoba harus dihukum seberat-beratnya
e. Pengedar narkoba harus dihukum lebih berat tanpa ampun karena telah merusak ahlak bangsa demi meraup keuntungan belaka
Jawaban: B (Cukup Jelas)
32. Rohana adalah siswa Madrasah Aliyah dari Pati Jawa Tengah yang berhasil mendapatkan Beasiswa Bidikmisi Jurusan Antropologi Kesehatan. Sejak kecil, selaku anak yang dibesarkan dari keluarga dokter, ia ingin mempelajari ilmu kesehatan dari sudut pandang budaya. Dorongan ini muncul karena Rohana melihat banyak praktik kesehatan lokal yang minim sentuhan ilmu pengetahuan, dan banyaknya praktik etnomedisin baik terancam hilang. Semangat kuliah Rohana juga terdorong ingin membantu pengobatasi orang-orang yang tidak mampu. Setelah lulus, Rohana kemudian berbakti kepada masyarakat. Selama hidupnya ia melakukan iventarisasi ragam tindakan medis dan ragam obat-obatan herbal. Berkat penelitiannya, Rohana telah melakukan pemberdayaan sosial di bidang kesehatan. Hingga saat ini banyak sekali jasa terapi dan jamu-jamuan yang dapat membantu menyehatkan.
Berdasarkan deskripsi di atas, pernyataan yang tepat untuk hubungan antropologi dengan kesehatan sosial adalah ….
a. Rohana telah berhasil meraih cita-cita dan menjadi anak yang berbakti kepada masyarakat
b. Lulusan Madrasah Aliyah adalah lulusan yang mampu meraih kesuksesan melalui bidang bidang dan professional
c. Ilmu kesehatan sangat dipengaruhi oleh ilmu agama, dan ilmu agama tidak dapat dipengaruhi oleh ilmu kesehatan
d. Rohana merupakan bagian dari peneliti bidang kesehatan yang menggunakan antropologi menjadi landasannya
e. Semua ilmu itu baik, dan semua yang tidak ilmu itu tidak baik
Jawaban: D (cukup jelas)
33. Masyarakat yang berada pada kelas sosial lebih rendah sering kali kesulitan dalam mendapatkan akses pendidikan. Keterbatasan biaya yang dimiliki menjadi penghalang bagi mereka untuk mendapatkan hal yang seharusnya menjadi hak mereka sebagai warga negara. Keadaan demikian telah menggerakkan sekelompok anak muda NU untuk membuat Komunitas Santri Mengabdi (KSM). Kelompok ini fokus pada kegiatan memberi layanan persiapan masuk perguruan tinggi. Melalui program tersebut, para siswa yang tidak mendapatkan akses pendidikan kemudian banyak mendapatkan kesempatan masuk perguruan tinggi. sehingga angka diskriminasi dibidang pendidikan semakin sedikit.
Berdasarkan deskripsi tersebut, yang dimaksud diskriminasi dibidang pendidikan adalah ….
a. sikap membedakan secara sengaja terhadap golongan-golongan yang berhubungan dengan kepentingan tertentu
b. suatu paham bahwa ras diri sendiri adalah ras yang paling unggul
c. tindakan membeda-bedakan yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan
d. citra kaku tentang kelompok ras atau budaya lain tanpa memerhatikan kebenaran dari citra tersebut
e. pembatasan ruang gerak yang berujung harmoni
Jawaban: A (cukup jelas)
34. Contoh dampak negatif adanya hubungan antarbudaya yang terdapat pada masyarakat Indonesia adalah ....
a. timbulnya budaya baru sebagai akibat adanya percampuran budaya
b. terjadinya penyimpangan terhadap budaya asli masyarakat setempat
c. terjadi pergeseran budaya asli yang dimiliki masyarakat setempat
d. munculnya budaya-budaya baru sebagai akibat pergeseran budaya
e. hilangnya budaya asli sebagai akibat terjadi suatu perubahan
Jawaban: C
35. Ibu Rina selalu bercerita kepada anaknya sebagai pengantar tidur. Contoh ini menunjukkan proses pewarisan budaya dalam penanaman nilai dan norma pendidikan pada seorang individu melalui ....
a. media massa
b. masyarakat
c. keluarga
d. komunikasi
e. pendidikan
Jawaban: C
36. Perkembangan iptek tentu membawa perubahan yang pesat dalam kehidupan manusia dan sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan berbudaya, pengaruh iptek dalam pembentukan budaya mempunyai dampak negatif dan positif, seperti perkembangan teknologi pertanian. Penggunaan mesin traktor pada masyarakat pertanian, menimbulkan pengaruh besar terhadap kehidupan budaya masyarakat pertanian yaitu ....
a. menciptakan kemandirian dan ketekunan bekerja
b. bertentangan dengan adat istiadat masyarakat desa
c. menambah jiwa matrialistis dan ekonomis
d. mengurangi mata pencaharian dan sistem kekeluargaan
e. menambah modal dan tenaga kerja pemuda desa
Jawaban: A
37. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat sudah merambah seluruh pelosok tanah air, tentunya memberi pengaruh pada kehidupan dan budaya masyarakat. Namun terkadang masyarakat kurang antusias dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang akan datang sehingga menjadi kendala bagi proses pewarisan iptek yaitu adanya ....
a. kebiasaan meniru orang lain
b. sifat tertutup terhadap iptek baru
c. paham tradisionalisme yang kuat
d. sikap berserah diri pada nasib
e. pewarisan iptek kurang merata
Jawaban: C
38. Daerah-daerah di Indonesia memiliki perbedaan seperti wilayah di daerah pantai, dataran, pegunungan sehingga mempengaruhi pada pengucapan bahasa atau dialek, misalkan pada masyarakat pegunungan yang biasanya bahasa yang diucapkan singkat jelas dengan intonasi volume suara yang besar sedangkan pada masyarakat dipemukiman padat menggunakan bahasa lisan yang panjang lebar karena lokasi yang berdekatan. Berdasarkan pernyataan di atas faktor penyebab adanya perbedaan tersebut adalah ....
a. perbedaan geografi
b. latar belakang sejarah
c. faktor ilmu pengetahuan
d. faktor perbedaan budaya
e. perkembangan status ekonomi
Jawaban: A
39. Perhatikan beberapa kegiatan berikut:
(1). Pemberian sesajen yang dilakukan para nelayan di Pantai Selatan untuk menghormati roh penguasa pantai
(2). Di keraton Yogyakarta setiap tanggal 1 Suro bulan Jawa diselenggarakan upacara memandikan benda-benda pusaka
(3). Masyarakat Jawa masih melakukan sesaji untuk menghormati orang yang telah meninggal
(4). Masyarakat Bali menaruh sesajen untuk para dewa di tempat-tempat yang dianggap keramat
Yang merupakan ciri-ciri kepercayaan Animisme adalah ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (1) dan (4)
d. (2) dan (4)
e. (3) dan (4)
Jawaban: B
40. Kemajuan iptek sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia, namun kemajuan ini juga membawa dampak buruk. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan iptek tersebut sehingga pengaruh buruk dapat terhindarkan. Baik dan buruk harus kita terima dan kitapun harus menghargai hasil karya iptek yang berkembang. Cara yang dilakukan untuk menghargai hasil karya iptek adalah ....
a. menggunakan manfaat iptek sesuai kepentingan pribadi
b. menggunakan hasil karya melampaui batas kemampuannya
c. memanfaatkan hasil karya sesuai kebutuhan yang diinginkan
d. menggandakan hasil karya orang lain supaya lebih dikenal
e. ikut mempromosikan hasil karya iptek pada masyarakat umum
Jawaban: E
0 Response to "Download Soal Antroplogi dan Kunci Jawabannya Pada Materi Bab I Perubahan sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi"
Posting Komentar